Wednesday, 28 April 2010

Menyapih Freya

Hu hu huuu,.... Freya akhirnya dengan terpaksa harus disapih.... Mama sudah ga tahan banget karena nafsu makan Freya benar-benar payah dan timbangannya turun. Juga dirtambah karena Freya sudah hampir 2 tahun. Semakin dekat 2 tahun, Freya bukannya makin berkurang frekuensi nyusunya tapi semakin-makin serign minta. Yang berakibat makannya jadi susahhh banget.
Mungkin memang timingnya kurang tepat ya. Pas Freya jg Mama coba tinggal di kelas sendirian, dan pas juga Freya lagi batuk pilek. Di hari pertama Freya disapih, woooooo nangis jungkir balik. NAngis sesegukan dan sampai ngomong "Udah Mahhh,, udahh..." Kaya yang dihukum begitu. Hati Mama sedihh banget, tapi mau ga mau kan ini fasa yang harus dilewati Freya. Dan Freya sudah terlalu attached dengan proses menyusu, sehingga sampai-sampai mengganggu tidur Freya. Dalam semalam Freya bisa bangun sampai 10 kali minta nenen. Nahh... mana bisa tidur berkualitas kalau kaya begitu....
Proses menyapih Freya berangsur2 mulai membaik setelah hampir seminggu. Nafsu makan Freya setelah seminggu disapih amat sangat menggembirakan. Tuh kan, berarti benar gara2 kebanyakan ASI. Tapi sudah hampir mencapai 2 minggu, Freya masih aja tuh ingat.... Kadang-kadang mau tidur minta nenen nenen.. Gantinya adalah perut Mama yang harus dibuka dan dielus2 dulu sebelum Freya tidur. Kadang-kadang Freya bobo di atas dada Mama. Tapi Mama maklum, mungkin karena Freya lebih mengharapkan kedekatan fisik sebagai pengganti nenen.
You are a big girl now, Freya.... Bersamaan dengan disapihnya Freya, Freya juga menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan di sekolah. Sudah bisa ditinggal dan jauh lebih berkonsentrasi di sekolah daripada kalau ditungguin Mama.
Mama terharu..... Satu milestone sudah terlewati.... I love you so much dear.... and so proud...

No comments: